Minggu, 10 Januari 2010

MATERI PELAJARAN IPA

CIRI-CIRIMAKHLUK HIDUP

Dalam kehidupan selain kita mengenal benda mati seperti batu, tanah, loga, mobil, motor dan sebagainya, juga mengenal makhluk hidup sepetiayam, kucing, kuda, kerbau, pohon buah-buahan, pohon angggu, sayur, manusia yang beraneka ragam suku dan bahasa , dan banyak lagi jenis benda mati dan akluk hidup di dunia ini yang belum kita kenal. Perbedaan yang mencolok antara makhluk hidup dengan benda mati adalah benda mati tidak memiliki cirri-ciri kehidupan, sedangkan makhluk hidup memiliki ciri-ciri kehidupan dalam kelangsungan kehidupannya.

Pada pertemuan ini kita akan membahas tentang cirri-ciri makhluk hidup. Siapkan alat tulis mungkin sekali waktu akan diperlukan. Sebelum kita membahas cirri-cirinya, kita ketahui lebih dulu apa saja yang termasuk makhluk hidup ini. Karena ada juga benda yang bisa bergerak, tetapi dia bukan makhluk hidup, misalnya mobil, motor, pesawat terbang. Benda-benda tersebut meskipun bisa berpindah dari satu tempat ketempat lainnya, tetap saja bukan makhluk hidup. Karena itu ari kita pelajari lebih jauh tentang makhluk hidup, apa saja yang termasuk makhluk hidu itu.

Yang termasuk akhluk hidup adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Ketiga jenis ini memiliki cirri-ciri umum yang sama, tetapi diantara kesamaan tersebut masing-masing memiliki perbedaan sebagai cirri khas masing-masing. Misalnya cara berkembang biak tumbuhan tidak sama dengan cara berkembang biak hewan, begitu pula cara berkembang biak hewan tidak sama dengan cara berkembang biak manusia.

Ada tujuh cirri-ciri yang membedakan makhluk hidup dari benda mati, yaitu :

1.Makhluk hidup membutuhkan makanan ( Nutrisi).

Ciri yang pertama makhluk hidup adalah membutuhkan makanan. Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan makanan untuk dapat melangsung kehidupannya. Tidak ada satu pun makhluk hidup yang dapat bertahan hidup tanpa makan. Mabusia, hewanapa saja, termasuk tumbuhan sekali pun memerlukan makanan. Hanya cara makan manusia, hewan dan tumbuhan tidak sama, masing-masing emiliki caranya sendiri-sendiri.

Misalnya manusia memakan makanan bisa dengan cara langsung dari sumbernya seperti buah-buah tanpa diolah langsung dimakan, atau dimasak lebih dulu seperti daging, ikan, sayuran dan lain-lain umumnya dimasak dulu sebelum dimakan. Sedangkan hewan memakan tumbuhan, daging atau ikan tidak perlu diasak dulu, meskipun hewan mau juga memakan daging atau ikan yang sudah dimasak. Sedangkan tumbuhan memiliki cara makan yang berbeda dengan hewan atau manusia. Tumbuhan dapat memproses atau menyusun zat makanan sendiri dengan bantuan air dan cahaya matahari. Proses tersebut terjadi pada bagian daun hijaunya. Air yang diserap dari dalam tanah melalui akar tumbuhan tersebut, akan dikiri kebagian daun melalui lapisan kabium atau lender yang terdapat diantara lapisan kulit dan kayu.

TUGASKU JADI KOKI YAH

( DAUN )

Terima kasih akar, terima kasih pohon, kau sangat berarti bagiku. Karena kau berdua aku bisa berada paling atas dan tidak pernah kekurangan bahan untuk aku olah menjadi bahan makanan yang berguna bagi kelangsungan hidup dan pertumbuhan kita. Jangan iri yah, aku berada paling atas, soalnya aku hanya bisa mengolah zat makanan ini menjdai sari makanan hanya dengan bantuan sinar matahari. Coba bayangkan kalau aku berada di dalam tanah siapa yang mau ngolah zat makanan, Karen aku tidak mendapat sinar matahari lanngsung. Sabar yah pasti semua akan kebagian sari makanan yang sudah ku olah. Akan ku kirim melalui lapisan xylem.








Oval: AKU POHON KAWAN


TUGASKU RINGAN SAJA

( BATANG POHON )

Terima kasih akar, kau telah menopangku hingga aku bisa berdiri tegak dan gagah seperti ini, dan terima kasih juga daun karena kau di atas aku jadi tidak kepanasan. Aku bisa menahan terpaan angin yang besar karena cengkraman mu kuat di dalam tanah. Aku juga ikut andil lho dalam mebina kelangsungan hidup kita. Tapi aku hanya bisa membantu mu (akar) mengirim bahan zat makan dan air melalui lapisan floem untuk di olah sama daun di atas. Eh tapi aku juga bsa mengantar zat makanan yang sudah di olah oleh daun untuk dikirim keseluruh bagian pohon untuk pertumbuhan dn kelangsungan hidup, karena aku pnuya lapisan xylem untuk untuk mengirimnya.

MAU TAHU TUGASKU

(AKAR)

Kawan-kawan aku akar, aku ini bagian tumbuhan yang paling kreatif, setia dan bekerja tanpa pamrih, meskipun manusia tidak melihatku karena aku berada didalam tanah. Tugasku mencari zat-zat dalam tanah yang derlukan untuk pertumbuhan. Zat tersebut aku kirim kebagian gaun untuk diolah menjadi sari makanan untuk pertumbuhan, selain zat-zat itu aku kirim juga air. Air itu aku serap dari dalam tanah. Karena kawanku daun di atas memerlukan air untuk mengolah zat-zat yang aku kirim tadi.

INILAH AKU TUMBUHAN

Terima kasih akar, terima kasih pohon, terima kasih daun dan semuanya aja. Karena kalian bekerja sama dengan kompak, melaksanakan tugas asing-masing, maka aku jadi tumbuh sehat dan kuat. Lihat aku, tinggi besar, hijau dan selalu segar. Ini semua karena akar rajin menyerap zat sari makanan dan air, lalu menirimnya lewat pohon melalui lapisan floem. Begitu juga daun, kau tidak pernah mengeluh kecapean mengolah zat sari makanan, dan setelah zat sari makanan diolah menjadi sari makanan kau (daun) selalu membagikannya dengan adil keseluruh bagian pohon, melalui lapisan xylem. Dan juga pohon, kau selalu setia engirim zat sari makan untuk diolah dan membagikannya, karena hanya kaulah yang mempunyai lapisan floem dan dan lapisan xylem.

2. Makhluk hidup perlu bernapas.

Makhluk hidup melakukan pernapasan berguna untuk memperoleh energi. Karena energy diperoleh melalui pembakaran zat dengan menggunakan oksigen. Sedangan oksigen diperoleh dari udara melalui pernapasan. Peristiwa pengambilan oksigen dan pengeluaran CO2 untuk memperoleh energi disebut respirasi, sedangkan enggunaan oksigen di dalam tubuh disebut Oksidasi biologi, dan energy yang diperoleh digunakan untuk akltivitas hidup.

Manusia, hewan dan tumbuhanmemiliki alat pernapasan yang berbeda. Misalnya manusia, hewan mamalia yang hidup di darat bernapas dengan menggunakan paru-paru. Hewan yang hidup di air seperti ikan bernapas dengan insang, kecuali ikan paus, meskipun hidup di air dia bernapas dengan paru-paru. Karena bernapas denganparu-paru, maka ikan paus sering muncul kepermukaan untuk bernapas mengabil oksigen di udara. Sedangkan tumbuhan belum memiliki alat pernapasan secara khusus, untuk mengambil oksigen tumbuhan menggunakan mulut daun atau stomata dan lenti sel.

a. Manusia sedang olah pernapasan.

Manusia bernapas dengan menggunakan paru-paru. Ketika mengisap udara, manusia menghirup okxigen yang terkandung di dalam udara guna melakukan pembakaran di dalam tubuh. Sisa pembakaran di dalam tubuh manusia akan dikeluarkan ketika menghembuskan udara, dan pada saat menghebuskan udara tersebut keluarkan siswa pembakaran itu berupa karbondioksida. Karbondioksida ini bermanfaat bagi tumbuhan untuk bernapas.

Manusia memerlukan lingkungan alam yang hijau artinya banyak tumbuhannya. Karena dengan lingkungan yang hijau manusia akan dapat enghirup udara segar, yaitu udara bersih yang emiliki banyak kandungan okxigen. Karena okxigen tersebut dihasilkan oleh tumbuhan.

Inilah alat pernapasan manusia, yang disebut paru-paru. Paru-paru terdiri dari dua buah yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan dan letaknya berada pada rongga dada. Ketika paru-paru mengembung udara dihisap dari luar untuk menghirup okxigen, dan ketika mengempis, udara dihebuskan eluar untuk mebuang karbondioksida.

b.Contoh hewan sedang bernapas.

1). Ikan yang bernapas dengan aru-paru:

Ikan paus di dalam air. Ikan paus menuju permuka- Ikan paun dipermukaan air

an untuk bernapas. Sedang bernapas.

Ikan paus bernapas dengan menggunakan paru-paru, oleh karena itu ikan paus sering muncul keudara untuk bernapas, yaitu mengeluarkan karbondioksida dan enghirupa okxigen. Sedanga ikan lainnya bernapas denganmenggunakan insang. Ikan yang bernapas dengan insang jarang muncul kepermukaan air, karena mereka dapat bernapas dengan insang di dalam air.

2) Ikan yang bernapas dengan insang:

Contoh ikan ini bernapas dengan insang ( Ikan hias ).

c. Contoh tumbuhan sedang bernapas.

Untuk bernapas.

Aku Bunga Aku Rumput Dan aku pohon

Hai bunga dan rumput, maaf yah, aku melebihi tinggi rumah ini, supaya kau bisa bernapas dengan lega. Karena aku memerlukan sinar matahari lebih banyak dari kalian untuk bisa bernapas. Akarku banyak, batang pohonku besar, daunku lebat, jadi untuk dapat hidup sehat, daunku tidak boleh terhalang dari sinar mata hari.

Gitu kawan.

Oval: Lihat aku,namaku bunga dan rumput.  Aku sedang bernapas. Napasku berbeda dengan hewan atau manusia. Kalau manusia dan hewan menarik napas guna  menghirup okxigen untuk pembakaran dalam tubuh, dan menghembuskan udara guna mengeluarkan karbondioksida. Sedang aku tumbuhan, kebalikan dari manusia dan hewan, ketika manarik napas aku menhirup kanbondioksida, dan ketika menghembuskan udara aku  mengeluarkan okxigen, dan okxiegn ini justru dibutuhkan oleh manusia dan hewan untuk bernapas. Jadi kita ditakdirkan harus hidup  bersama  di dunia ini, dan saling nembutuhkan. Jadi jangan ganggu aku yah !



Oval: Nah inilah siklus bernapas tumbuhan. Tumbuhan menghirup udara guna menarik karbondioksida, dan menghebuskan udara guna mengeluarkan okxigen. Proses bernapas tumbuhan di sebut potosintesis.


3. Makhluk hidup bisa bergerak sendiri.

Semua makhluk hidup dapat bergerak. Pada hewan dan manusia dilengkapi dengan alat khusus untuk berpindah tempat. Sedangkan pada tumbuhan terjadinya gerak karena adanya peristiwa tumbuh. Batang tumbuh ke atas menjauhi gravitasi bumi, akar tumbuh ke bawah menuju gravitasi bumi, batang tumbuh bergerak menuju kecahaya matahari.

a.Manusia bergerak.

Manusia bergerak untuk berbagai aktivitas hidup, misalnya olah raga, bekerja, hobi dll

b. Hewan bergerak.

Hewan bergerak untuk kelangsungan hidupnya seperti mencari makan, menyelamatkan diri dari hewan pederator.

c. Gerak tumbuhan.

Sistem gerak pada tumbuhanmerupakan respon terhadap rangsang yang diterimanya. Sistem gerak pada tumbuhan terbagi menjadi dua macam, yaitu :

1). Gerak endonom, yaitu gerak yang tidak dipengaruhi rangsang dari luar. Misalnya gerak buah pohon mahoni, dia akan pecah ketika sudah mencapai usia tua, tanpa dipengaruhi oleh ransang apapun, udara panas atau dingin. Bauhnya akan pecah dengan sendirinya, hingga bijinya akan menyebarkan dan tumbuh menjadi individu baru.

2). Gerak esionom, yaitu gerak yang dipengaruhi rangsang dari luar. Misalnya gerak rumput putrid malu, yang jika kena sentuh dia akan mengkerut, atau jika kena gelap dia juga akan mengkerut atau pohon kelapa yang selalu bergerak contok kearah air.

a). Gambar rumput putrid malu:

Putri malu dalam keadaan normal. Putri malu dalam keadaanmengkrut.

b). Gambar pohon kelapa.

Pohon kelapa selalu contong kea rah sungai atau air, karena itu sifat alami cara perkembangbiakan kelapa.

4. Makhluk hidup dapat tumbuh dan berkebang.

Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dari lahir tumbuh menjadi besar. Tumbuhadalah peristiwa bertambahnya ukuran tubuh yang bersifatirreversibel/tidak dapat kembali keukuran semula. Misalnya bayi lahir berat 3 kg, panjang 45 cm, semakin tambah usia semakin panjang dan makin berat. Pada tumbuhan dari kecambar tumbuh menjadi besar. Berkembang adalah proses emnuju kedewasaan, tidak dapat diukur secara kuantitatif.

a.Gambar tumbuh kembangmanusia.

Bayi kecil tumbuh dan berkembang yang semua kecil dan penedek serta lugu, dia akan tumbuh menjadi besar dan berkembang menjadi dewasa.

b. Gambar tumbu kembang tumbuhan

Kecambah ini tumbuh dan berkembang, mulai dari biji, kemudian menjadi benih dan akan menjadi pohon dewasa.

5. Mahkluk hidup perlu mengeluarkan zat sisa.

Proses pengeluaran zat sisa dari dalam tubuh kelingkungan disebut Ekskresi. Alat ekskresi pada manusia :

a. Ginjal mengeluarkan urine

b. Kulit mengeluarkan keringat dan minyak.

c. Hati mengeluarkan ampedu.

d. Paru-paru mengeluarkan CO2.

Sedangkan pada tumbuhan pengeluaran zat sisa melalui stomata.

6. Makhluk hidup dapat berkembang biak.

Tujuan berkembang biak pada makhluk hidup adalah untuk melestarikan jenisnya. Perkembangbiakan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Perkembangbiakan Generatif. Perkembangbiakan yang didahului oleh peleburan antara gamet jantan dan gamet betina.

b. Perkebangbiakan Vegetatif. Perkembangbiakan tanpa didahului peleburan gamet jantan dan gamet betina.

Aalat perkembangbiakan generative pada tumbuhan adalah bunga. Pada bunga itulah terdapatnya serbuk sari dan putik. Yang jika terjadi peleburan enjadi zigot, kemudian embrio atau calon individu baru.

b. Tumbuhan ditanam jadi banyak (berkembang biak).

Pohon pisan semula ditanam satu pohon. Pohon pisang menjadi banyak (berkembang

Biang).

7. Makhluk hidup peka terhadap rangsang.

Makhluk hidup baik hewanmaupun tumbuhan peka terhadap perubahan yang terjadi dilingkungan . Contoh : Jika kita menyentuh sesuatu yang panas kita akan berusaha menghindar. Tumbuhan putrid malu akan mengatup bila disentuh, mengatup jika malam hari. Pengaruh yang menyebabkan perubahan disebut stimulus, sedangkan reaksi dari makhluk hidup dinamakan respon. Kemampuan makhluk hidup menanggapi respon disebut irritabilitas.

a.Manusia peka terhadap rangsang.

Mata sehat ( Jernih ). Mata sakit (iritasi) terkena rangsang cahaya

Berlebihan ( Tukang las )

b. Tumbuhan peka terhadap rangasang.

Putri malu dalam keadaan normal. Putri malu dalam keadaanmengkrut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar